Selasa, 23 Juni 2020

Gerak Benda dan Mahluk Hidup di Lingkungan Sekitar


 

1. GERAK LURUS
Setiap hari kita bergerak, manusia juga hewan, tapi seringkali kita tidak mengamati jika tumbuhan juga bergerak, bahkan benda mati pun juga bergerak...
Gerak tidak bisa dipandang dari satu sisi kacamata manusia sebagai pengamat, karena seringkali gerak semu yg dilihat tidak bisa dipahami dengan benar.
Berapakah jarak yang terdekat untuk pergi ke sekolah ?
Berapakah waktu yang diperlukan jika berjalan kaki ke sekolah  Jika balik lagi ke rumah berapakah perpindahanmu ?
Simak video pembelajaran Gerak berikut ini.

Apakah yang dapat kalian simpulkan...
Samakah jarak yang ditempuh dengan perpindahannya ?
Cobalah cari beberapa contoh jarak tempuh yang jauh tapi perpindahannya nol.

Sesuatu yang rutin kita lakukan jika berkendara adalah melihat speedometer kendaraan untuk mengetahui kelajuan kendaraan kita. Samakah arti kelajuan dan kecepatan ? 
Apakar artinya jika speedometer kendaraan menunjukkan angka 40 km/jam ?
Jika beberapa selang waktu tertentu speedometer tetap menunjukkan 40 km/jam, berati kendaraan sedang melakukan GLB (Gerak Lurus Beraturan). Jika speedometer kemudian berubah menjadi 60 km/jam, kemudian 80 km/jam, maka kendaraan melakukan GLBB (Gerak Lurus Berubah Beraturan)
Apa yang paling membedakan GLB dengan GLBB ?
GLB kecepatannya tetap, berarti percepatannya nol
GLBB kecepatannya berubah secara beraturan, percepatannya tidak nol, tapi bernilai konstan (tetap) Dalam GLBB bisa mengalami tambahan kecepatan, dikatakan percepatan yang bernilai positif (dipercepat). Jika kecepatannya berkurang  atau percepatan yang bernilai negatif (diperlambat).
Tentunya kalian bisa menyebutkan beberapa contoh dipercepat atau diperlembat.
Idealnya dalam sebuah lintasan kendaraan, pastilah mengalami variasi GLB dan GLBB.















 



Mengapa manusia bisa bergerak ? 
Perhatikan gambar di bawah ini.

















Ada macam-macam tulang, persendian, yang menjadi faktor utama mengapa kita bisa bergerak.
Dapatkan kalian tunjukan di bagian mana sendi putar, sendi peluru, sendi engsel, dan sendi pelana ?


2. GAYA
Ada berbagai macam gaya yang bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari. Jika kita kelompokkan ada yang langsung kita kerjakan (gaya sentuh) ada yang secara tidak langsung kita kerjakan pada benda (gaya tak sentuh). Cobalah berikan beberapa contoh gaya sentuh dan tak sentuh.
Gaya yang kita berikan pada suatu benda akan menimbulkan perubahan pada benda tersebut, bisa perubahan posisi atau perubahan bentuk, dan perubahan lainnya. Jika kita memberikan lebih dari satu gaya, maka resultan gaya itu menjadi gaya akhir yang mempengaruhi benda itu.



Jika kalian pernah lomba tarik tambang seperti ilustrasi gambar di atas, tentulah kalian tahu kemana arah gaya dari tali tambangnya. Demikian juga bila memindahkan barang seperti gambar di kanan atas. Kedua ilustrasi itu menggambarkan resultan gaya yang bekerja pada benda.

3. HUKUM NEWTON

Hukum I Newton
Jika kita akan mulai berangkat dengan kendaraan kita, mulai dari duduk, kemudian digas, kita akan merasa tubuh kita tertarik ke belakang. Juga ketika kendaraan melaju kencang, mendadak direm, maka tubuh kita akan terdorong ke depan. Mengapa hal ini terjadi? 
Sifat malas atau lembam atau inert berlaku pada benda, yang berupaya bertahan pada posisi awalnya. Inilah yang dinamakan hukum I Newton. Jika benda yang resultan gayanya = 0, maka benda yang diam akan tetap diam, benda yang bergerak lurus beraturan akan tetap bergerak lurus beraturan.
Buktikan dengan percobaan menarik sebuah piring kaca yang beralaskan kain di atas meja. Bedakan jika ditarik dengan cepat, dan ditarik perlahan. Amati gerakan piring dan posisinya.
Hukum II Newton
Jika benda dengan massa 100 kg dan 200 kg ditarik dengan tiga cara berbeda, dengan menggunakan gaya 50 N dan 100 N. Dari ketiga gambar tersebut, yang manakah paling cepat ditarik ?  yang manakah paling lambat ditarik ? Dapatkah kalian jelaskan mengapa ?
sebutkanlah faktor-faktor yang dapat menimbulkan percepatan pada benda tersebut....























Hukum II Newton menyatakan bahwa percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan dan berbanding terbalik dengan massa benda.

Hukum III Newton
Bagi siswa yang biasa berenang tentulah tahu, bagaimana arah gerakan tanganmu ketika berenang, dan kemana arah gerakan badanmu... Demikian juga pada saat mendayung perahu, perhatikan arah dayungannya dan kemana arah gerakan perahunya. Peristiwa ini disebut dengan hukum aksi reaksi, atau hukum III Newton. Jika tu benda diberikan aksi, maka akan timbul reaksi yang besarnya sama tapi arahnya berlawanan.
 

4. GERAK PADA HEWAN
Gerak hewan tergantung dari lingkungan hewan itu, jika hewan di air, tentunya berbeda dengan hewan di darat dan di udara. Baik dari segi fisiologinya maupun alat geraknya. Kalian tentu dapat membedakan hewan mana yang tergolong hewan yang hidup di air, di darat, dan di udara. Cobalah amati dan simpulkan.
Udara dan air yang sama-sama merupakn fluida atau zat alir, menyebabkan hewan-hewan yang hidup di lingkungan tersebut bentuk tubuhnya cenderung streamline atau lonjong untuk mempermudah menembus fluida. Kerapatan fluida air tentunya lebih besar dari udara, karena itu jika kita lihat hampir semua hewan laut bentuknya lonjong.
Hewan yang hidup di udara, selain bentuknya lonjong, juga memerlukan sayap untuk bisa naik dan turun di udara.














Hewan yang hidup di darat untuk bergerak memerlukan kaki dan otot yang kuat. Setiap hewan mmepunyai kecepatan yang berbeda. Perhatikan tabel di bawah ini, apakah yang dapat kalian simpulkan, adakah hubungan kecepatannya dengan pola kehidupan hewan tersebut?
























5. GERAK PADA TUMBUHAN
Sepintas kita tidak pernah menganggap jika tumbuhan itu bergerak, karena kalau kita amati memerlukan waktu yg lama. Contoh bagaimana bunga mawar itu bergerak saat mulai mekar ? Tentunya kita tidak dapat melihat bagaimana tahapan kelopaknya mkar. Tapi dengan bantuan kamera yg teknologinya cukup baik kita dapat melihat rekamannya.
Jika daun putri malu kita sentuh akan menguncup, kita bisa melihatnya secara langsung.
Faktor apa saja yang dapat menimbulkan gerakan pada tumbuhan ?
Simak tayangan video pembelajarn di bawah ini.







Apa yang dapat disimpulkan dari gerak tumbuhan di atas ?

Berdasarkan jenis rangsangnya, gerak yang terjadi pada tumbuh2an dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu gerak otonom (endonom), gerak esionom, dan gerak higroskopis.

Gerak Otonom (Endonom) : Gerakan yanng disebabkan oleh faktor dari dalam sel tumbuhan itu sendiri, misalkan gerakan pada plasma sel, dan gerakan pada tumbuhan Hidrilla verticullata
Gerak Esionom : Gerakan yang terjadi akibat rangsang dari luar tumbuhan, yaitu yang tergolong Gerak Tropisme, Taksis. dan Nasti.
Gerak Tropisme : jika mendekati rangsangan disebut Tropisme positif, jika menjauhi rangsangan disebut Tropisme negatif. Contoh gerak tumbuhan mencari cahaya matahari (Fototropisme positif), gerak akar yang menuju pusat bumi (Geotropisme), dan gerak akar menuju air (Hidrotropisme)

Taksis : Gerakan berpindah tempat untuk menuju atau menjauhi arahnya rangsangan, misal fototaksis dan kemotaksis.
Nasti : Gerakan tumbuhan karena melakukan reaksi terhadap rangsangan dari luar, dimana arah gerakannya tidak sesuai rangsangan, misal seismonasti, nikyinasti, dan termonasti.

Gerak Higroskopis : Gerakan pada bagian tumbuhan yang terjadi karena perubahan kadar air dari sel-selnya, sehingga mengalami pengerutan, misalnya kecang kedelai yang sudah tua akan pecah sendiri, gerakan terbukanya buah cemara.

Coba Pikirkan :
Tahukan kalian proses membuat kecambah kacanng hijau ? Mengapa tahap terakhirnya harus ditutup dengan daun ? Bisakah kalian jelaskan dengan teori gerak pada tumbuhan ?

Daftar Pustaka

            Belajar IPA Chanel, Macam Gerak Tropisme pada Tumbuhan, https://www.youtube.com/watch?v=yBJM3xGd5mQ, 26 Juni 2020

            Cerita Digital, Gerak Tumbuhan SMP, https://www.youtube.com/watch?v=Y73EbbJLjYg, 24 Juni 2020
       
            Departemen Pendidikan dan kebudayaan,   Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 SMP/MTs Kelas VIII Semester I, Edisi Revisi 2017

             LeGuruLes, Fisika Kelas 8 Gerak (1) Konsep Gerak, Gerak dan Perpindahan, Gerak Semu, dan Gerak Relatif, https://www.youtube.com/watch?v=ZfdGlH9_jaM, 24 Juni 2020

            LeGuruLes, Fisika Kelas 8 Gerak (2) Gerak Lurus Beraturan (GLB), Kecepatan Rata-Rata, GLB, Grafik GLB, https://www.youtube.com/watch?v=NqtMG00Vxoo, 26 Juni 2020




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KI dan KD ZAT ADITIF DAN ADIKTIF

  A. Kompetensi Inti 1.1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya 1.2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, ta...